Isi Akhir Pekan Dengan Kelas Menulis dan Desain

Hari libur bagi sebagian orang, biasanya dihabiskan untuk beristirahat atau berjalan-jalan. Akan tetapi, berbeda halnya dengan sebagian kader IPNU IPPNU Kabupaten Cirebon. Mereka tetap produktif. Pasalnya di akhir pekan ini, mereka melenyapkan waktunya dengan mengikuti pelatihan kelas menulis dan kelas desain yang diselenggarakan PC IPNU Kabupaten Cirebon, Minggu (15/8).

Bertempat di Kantor PCNU Kabupaten Cirebon, pelatihan ini diikuti 17 orang peserta dan langsung dibuka oleh Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf serta beberapa pengurus lainnya.

Lebih spesifiknya, kelas menulis dimentori langsung oleh Yusuf. Sedangkan untuk kelas desain diinstrukturi Imam Fauzan, Direktur Lekas PC IPNU Kabupaten Cirebon.

Rencananya pelatihan kelas ini, akan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Berupa pemaparan materi dan praktik untuk peserta.

Pada pertemuan pertama ini, peserta kelas menulis diberikan materi mengenai dasar-dasar dan teknik dalam penulisan berita. Sedangkan kelas desain, peserta diwajibkan menginstal aplikasi pixellab sebagai pengenalan desain yang mudah digunakan bagi pemula.

Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan anggota IPNU IPPNU yang memiliki skill. Selain itu, agar kader-kader dapat melek digital dan bisa menjadi tim media NU maupun IPNU IPPNU.

Selain kelas menulis dan kelas desain, kata Yusuf, ia mencanangkan kedepan, akan ada kelas lainnya, seperti videografi, fotografi, menanam dan lain-lain.

Ia juga mengungkapkan, alasan pelatihan ini harus dilakukan sebagai respon kebijakan pandemi Covid 19. Dimana mobilitas organisasi dibatasi untuk kegiatan yang berkerumun.

Sehingga, solusinya kader IPNU IPPNU diharapkan bisa memanfaatkan media sebagai sarana pengkaderan dan pengenalan IPNU IPPNU di masyarakat.

“Keahlian menulis dan desain kita masih kurang di kalangan warga NU, terutama anggota IPNU IPPNU sendiri. Padahal, kedua bidang tersebut sangat dibutuhkan di era sekarang. Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap mampu mencetak kader-kader yang mumpuni dalam bidang tersebut sekaligus mampu bersaing di masyarakat,” tandas Yusuf. (Vina-Arjawinangun)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *