Cetak Kader yang Militan dan Peduli Sosial, DKC CBP IPNU dan KPP IPPNU Kab. Cirebon Gelar Diklatama

0

Cirebon, Pelajar NU Cirebon – Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon baru saja menggelar acara Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) pada, Jumat (5/7/2024).

Diklatama berlangsung di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Diklatama adalah jenjang pendidikan formal yang dimiliki oleh lembaga semi otonom IPPNU, CBP dan KPP.

Komandan CBP PC IPNU Kabupaten Cirebon, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu diadakan untuk tujuan mencetak kader CBP dan KPP.

“Kegiatan Diklatama sangat penting untuk mencetak kader penerus,” katanya.

Selain itu, kegiatannya juga diadakan agar kader CBP dan KPP bisa menjadi kader yang punya kiprah dan punya peran yang positif bagi masyarakat.

“(Supaya mampu) berkiprah dan hadir langsung memberikan kontribusi ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Secara lebih lanjut, peserta juga dilatih untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan problema yang terjadi di lingkungan sosial.

“Peserta Diklatama dilatih meningkatkan kepekaan terhadap situasi yang ada di masyarakat,” imbuhnya.

Karenanya, dia berharap kegiatan diklatama ini bisa membangun kesadaran dan karakter para pelajar yang tidak mementingkan diri sendiri saja.

“Kami berharap kegiatan ini mampu membangun kesadaran para pelajar, serta membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat,” tutupnya.

Ada setidaknya tiga rangkaian acara atau kegiatan dalam Diklatama. Pertama, peserta dilatih dalam urusan penguatan mental dengan menguatkan ideologi melalui kegiatan-kegiatan seminar dan sharing.

Kedua, peserta juga dilatih untuk meningkatkan kualitas fisik melalui kegiatan-kegiatan olahraga dan mengelilingi alam. Adapun terakhir, peserta dilatih dengan kegiatan yang penguatan aspek kemanusiaan dengan kegiatan-kegiatan simulasi yang mendukung.

Di tempat lain, Komandan KPP PC IPPNU Kabupaten Cirebon, , berharap, para kader atau komandan KPP yang mengikuti Diklatama bisa menjadi pribadi yang militan dan mampu menjadi generasi penerus DKC KPP IPPNU Kabupaten Cirebon.

“Harapannya, komandan-komandan yang mengikuti kegiatan Diklatama terus melanjutkan pendidikannya, dan terus mengikuti kegiatan yang lainnya, hingga menjadi generasi militan yang sesungguhnya, yang nantinya akan menjadi generasi selanjutnya untuk DKC KPP Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Perlu diketahui, kegiatan Diklatama ini diikuti oleh 21 peserta yang hampir semuanya adalah pelajar-pelajar yang ada di Kabupaten Cirebon. Khususnya anggota IPNU IPPNU.

Penulis: Ega Adriansyah

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *