Jelang Tahun Ajaran Baru, PC IPNU IPPNU Kab. Cirebon Gelar Bimtek MOP di Auditorium UI BBC

0

Cirebon, Pelajar NU Cirebon- Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka mempersiapkan agenda kegiatan Masa Orientasi Pelajar (MOP) di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) maupun pesantren.

Bimtek digelar di Auditorium Universitas Bunga Bangsa Cirebon (BBC) pada, Kamis (27/6/2024. MOP tahun ini mengusung tema “Pelajar Unggul Melek Digital”.

Sebagaimana diketahui, tahun ajaran baru sudah semakin dekat. Dalam keterangan Fadlan Abdurrahman, Ketua Bidang Pendidikan PC IPNU Kabupaten Cirebon, MOP merupakan kegiatan yang beberapa tahun ke belakang rutin digelar oleh PC IPNU IPPNU untuk tujuan pengenalan.

“MOP ini bertujuan untuk mengenalkan IPNU IPPNU melalui materi keaswajaan dan lainnya,” katanya.

Dengan materi-materi keaswajaan dan nasionalisme, harapannya MOP juga bisa menjadi ajang agar para pelajar di tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat (yang menjadi sasaran MOP) terhindar dari pemahaman radikal atau ekstremisme.

“Dengan materi keaswajaan, nasionalisme dan seterusnya, harapannya para pelajar juga bisa terhindar dari radikalisme,” ungkapnya.

Di tempat lain, Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon, Ayu Nurul Aghniya berharap, kegiatan bimtek mampu mengoptimalkan kinerja kader IPNU IPPNU yang nantinya akan bertugas di kegiatan MOP.

Bukan tanpa alasan, MOP merupakan salah satu kegiatan penting yang bisa mendongkrak popularitas IPNU IPPNU di kalangan pelajar NU maupun umum di Kabupaten Cirebon.

“Pimpinan Anak Cabang (PAC) maupun Pimpinan Komisariat (PK) harus bisa menjadi contoh bagi pelajar di seluruh siswa-siswi di sekolah-sekolah dan mampu memaparkan visi dan misi IPNU IPPNU,” ungkapnya.

Bimtek MOP ini dihadiri oleh seluruh pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan PK IPNU IPPNU di seluruh Kabupaten Cirebon.

Penulis: Abdul Ghoni
Editor: Ega Adriansyah

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *