Lakut Perdana, IPNU Cirebon Siapkan Kader Pemimpin Mujtahid

Pelajar NU Cirebon,- Dalam rangka mencetak kader IPNU sebagai pemimpin mujtahid untuk pertama kalinya dalam catatan perjalanan IPNU di Kabupaten Cirebon, Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Cirebon menggelar Latihan Kader Utama (Lakut). Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini, Rabu – Kamis (23-20/10/20), bertempat di Madrasah Aliyah Terpadu Suwargi Buana Djati, Desa Gemulung Lebak, Greged, Kabupaten Cirebon.

Harapan dari Ketua Pelaksana, Ahmad Yusuf yaitu kegiatan Lakut dapat memberikan kekuatan dan wawasan yang lebih luas bagi para peserta. Menurutnya, kegiatan ini merupakan ikhtiyar PC IPNU Kabupaten Cirebon dalam menyiapkan kader-kader pimpimpin Mujtahid.

“Peserta yang sudah mengikuti lakut disebut sebagai pemimpin. Sehingga, sudah berbeda dengan kader yang baru mengikuti Lakmud”, katanya.

Wakil Ketua II Bidang Kaderiasi PC IPNU Kabupaten Cirebon ini juga mengatakan, kepengerusan PC IPNU Kabupaten Cirebon saat ini akan berakhir dalam waktu dekat. Karenanya, ia berharap para peserta lakut yang berasal dari Kabupaten Cirebon dapat diproyeksikan menjadi pengurus PC IPNU Kabupaten Cirebon di masa mendatang.

“Penting sekali, dalam struktrur kepengurusan PC IPNU Kabupaten Cirebon kedepan, setidaknya pengurus BPH diisi oleh kader-kader yang sudah mengikuti Lakut,” ungkapnya.

Hamdan Tsani Tyo, selaku Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon mendukung penuh harapan yang diungkapkan Yusuf. Ia menyampaikan, bahwa saat ini perjalanan IPNU di Kabupaten Cirebon tengah menuju pada tahap yang sempurna. Pasalnya, dari 40 Kecamatan di Kabupaten Cirebon seluruhnya telah terbentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU.

“Pencapaian ini patut kita syukuri. Meskipun saya mengklasterkan, dari 40 PAC yang sudah terbentuk, 30 PAC aktif dan 10 PAC nya masih pasif”, tuturnya.

Itulah yang menjadi alasan PC IPNU Kabupaten Cirebon mengadakan Lakut. Hamdan mengaku, sebelum merencanakan acara, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Pimpinan Wilayah (PW) dan Pimpinan Pusat (PP) terlebih dahulu.

“Alhamdulilah, PW IPNU Jawa Barat dan PP IPNU mensupport rencana kegiatan lakut ini”, tandasnya.

Sementara itu, Ketua PW IPNU Jawa Barat, Ziyad Ahmad mengapresiasi terselenggaranya Lakut PC IPNU Kabupaten Cirebon.  Ziyad mengatakan, melihat masifnya proses kaderisasi IPNU di Kabupaten Cirebon, maka dilaksanakannya Lakut PC IPNU Kabupaten Cirebon ini memang sudah menjadi kebutuhan.

Untuk itu, Ziyad mengimbau keapada para peserta Lakut agar nantinya mampu memberikan solusi dari tantangan persoalan yang dihadapi para kader IPNU saat ini. “Para peserta Lakut harus benar-benar bisa menjadi kader pemimpin mujtahid”, ungkapnya.

Ketua PP IPNU Bidang Organisasi, Hasan Malawi menegaskan, seorang Alumni Lakut hendaknya bisa menjadi promotor dalam melakukan perubahan. Hasan mencohtoh, bahwa keberhasilan Kinerja PW IPNU Jawa Barat Periode saat ini tidak lepas dari peran para pengurus BPHnya yang diisi oleh para Alumni Lakut.

“Kita bisa lihat sendiri, bahwa sampai sekarang kaderisasi yang dilakukan PW IPNU Jawa Barat sudah sangat masif. Hal itu karena kerangka pengurus BPH-nya diisi oleh Alumni Lakut”, pungkasnya.

Kegiatan Lakut diikuti oleh 19 peserta, yang terdiri dari kader IPNU di berbagai daerah. Para peserta itu, terpilih melalui proses yang cukup lama. Mereka, lolos dalam seleksi penulisan essay. Mereka juga, satu tahun sebelumnya telah mengikuti proses kaderisasi Latihan Kader Muda (Lakmud). Selain itu, mereka telah aktif menggerakkan Pimpinan Cabang di daerahnya.

Dalam pembukaan acara, kegiatan dihadiri Ketua Tanfidziyah, Drs KH Aziz Hakim Syaerozi, Ketua Yayasan Buana Suwargi Djati KH Tatang, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Greged, KH Maksum. Hadir juga Pembina IPNU Kabupaten Cirebon Ust Wahyono Annajih dan Ust Ayub Al-Ansori, Ketua PP IPNU Bidang Organisasi Hasan Malawi, Ketua PW IPNU Jawa Barat Ziyad Ahmad,

Selain itu, hadir Ketua Terpilih PC GP Ansor Kabupaten Cirebon Ust Inu Ubaidillah, Bendahara PC PMII Kabupaten Cirebon Ahmad Tazul Arifin, Polresta Cirebon, dan Dandim Kabupaten Cirebon. (Muiz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *