Bangkitkan Kaderisasi IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon sambil Terapkan Protokol Kesehatan

Pelajar NU Cirebon,

Kaderisasi organisasi saat ini mengalami banyak tantangan akibat terdampak pandemi Covid-19. Hal ini pun membuat regenerasi kader terpukul. Untuk itu, Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon bergerak cepat.

PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon menggelar kaderisasi Latihan Kader Muda (Lakmud), Sabtu sampai Senin (12-14/12/20), bertempat di MTs Wathaniyah, Desa Wargabinangun, Kecamatan Kaliwedi.

Beberapa hal yang harus diketahui dalam kadarisasi Lakmud kali ini, masyarakat tidak perlu khawatir terkait berlangsungnya acara. Pasalnya, protokol kesehatan diterapkan begitu ketat.

Untuk para peserta, sebelum datang ke acara wajib membawa masker dan handsanitizer. Jika tidak, maka tidak diizinkan untuk datang ke lokasi acara.

Sebelum masuk ke ruangan acara, para peserta dilakukan cek suhu dan penyemprotan disinfektan. Selain itu, para peserta juga diwajibkan mencuci tangan.

Bukan hanya itu, sampai pada ruangan acara, para peserta diharuskan berjaga jarak. “Ini semata untuk mencegah penularan covid-19, karena para peserta datang dari berbagai kecamatan,” kata Tabi’in selaku ketua pelaksana.

Tabi’in mangatakan, sebelum merencanakan kegiatan, ia telah berkordinasi dengan pemerintah desa dan kepolisian setempat. “Alhamdulillah, pemerintah desa dan kepolisian mengizinkan acara ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Kaderisasi PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf Al Maghriby mengatakan, kaderisasi PC IPNU Kabupaten Cirebon harus tetap dilaksanakan. Meskipun dihadapkan pada situasi pandemi covid-19.

“Sebelumnya, mulai dari bulan Maret sampai September, kita tidak melaksanakan kaderisasi karena masih PSBB. Ketika saat ini sedang masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kaderisasi kembali harus digalakkan,” ujarnya.

Calon peserta Lakmud ini telah melalui seleksi yang panjang. Mereka, telah melewati tahap screening dari panitia. Mulai dari wawancara, evaluasi materi kaderisasi tahap awal (Makesta) dan essay tentang pengalaman menjadi anggota IPNU dan IPPNU.

“Para peserta ini merupakan orang-orang yang sungguh-sungguh, memiliki dasar pemahaman organisasi dan ideologi,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua II Kaderisasi PC IPPNU Kabupaten Cirebon Alfa Nurfalis Siti Fatimah mengatakan, pelaksanaan lakmud kali telah direncanakan secara sistematis. Hal ini dikarenakan, dalam kepanitiannya melibatkan para kader IPNU IPPNU tingkat PAC se-Kabupaten Cirebon. Terutama pengurus yang telah melaksanakan Lakmud, Latin dan Lakut.

“Ini bukti bahwa IPNU dan IPPNU sebenarnya memiliki daya tarik sendiri, karena mempunyai kader yang sangat kompak,” pungkasnya.

(Mu’izz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *