IPNU-IPPNU Cirebon Galang Dana untuk Korban Banjir Jabodetabek

Pelajar NU Cirebon

[Lemahabang] – Bencana banjir yang melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal tahun 2020 mengundang empati banyak orang.

Di Cirebon, sekira 45 orang yang tergabung dalam sejumlah organisasi turun ke jalan untuk menggalang dana, tepatnya di Jl. Raya Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Sejumlah organisasi tersebut adalah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon, yang terdiri dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Lemahabang, Sedong, Greged, Karangsembung, Karangwareng, dan Pengenan.

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon dan KMSGD (Keluarga Mahasiswa Sunan Gunung Jati) Jakarta juga tampak turut serta bergabung menggalang dana.

Aksi galang dana dimulai pada pukul 13.30 WIB (4/1/2020). Para peserta aksi  memakai  seragam dan almamater organisasi dan komunitasnya masing-masing. Membawa kotak kardus bertuliskan “Donasi Peduli Banjir Jabodetabek”.

Mereka berdiri ditengah jalan raya dan menghampiri toko-toko dan rumah-rumah warga.

“Sebagai sesama bangsa Indonesia, kami turut prihatin atas bencana alam banjir yang menimpa warga Jabodetabek dan sekitarnya”, ungkap salah satu peserta aksi, Iis Trisnawati.

Sekretaris PAC IPNU Kecamatan Sedong itu mengatakan, uang yang terkumpul akan diberikan kepada para korban usia pelajar, besok hari. Uang tersebut, nantinya akan digunakan untuk membeli keperluan alat sekolah.

“Karena kita dari organisasi pelajar, maka dana yang terkumpul akan disalurkan untuk para pelajar yang sebentar lagi mulai masuk sekolah. Karena menurut saya, kebanyakan penyaluran bantuan terlalu fokus berupa pakaian, makanan atau barang pokok lainnya.”, jelasnya

Sebelumnya, mereka telah berkordinasi dengan relawan yang ada di lokasi bencana, terkait kebutuhan korban.

(Mu’izz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *