Sekolah Kader IPPNU Cirebon untuk Ciptakan SDM Unggul

Pelajar NU Cirebon

Plered, [PNC] – Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon memiliki banyak tantangan, baik dalam internal organisasi, maupun lingkungan masyarakat. Hal itu akan berdampak pada pembentukan karakter bangsa, terutama para pelajar di Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Cirebon, Farida Apriyani saat ditemui di Sekolah Kader (SEKAD) IPPNU Cirebon, yang bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abu Manshur, Kaliluwu, Plered, Cirebon, Minggu (5/1/2020).

Menurutnya, tantangan terbesar yang sedang dihadapi PC IPPNU Kabupaten Cirebon berkaitan dengan maraknya radikalisme yang dapat memecah belah bangsa. IPPNU, kata Farida, mempunyai tugas bagaimana bisa mengawal bangsa Indonesia, khususnya pelajar Kabupaten Cirebon dari paparan radikalisme.

Guna menjawab tantangan itu, diperlukan penguatan organisasi, baik dalam sektor kaderisasi, administrasi dan publikasi. Sehingga, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kader menjadi prioritas bagi PC IPPNU Kabupaten Cirebon kepengurusan saat ini.

“Apalagi, IPPNU Kabupaten Cirebon baru saja mendapat penghargaan IPPNU terbaik ke-2 se-Jawa Barat. Sehingga, peningkatan mutu pelajar NU menjadi fokus utama kinerja kami”, ungkapnya.

Berangkat dari hal itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon mengelar SEKAD, sebagai upaya menciptakan kader IPPNU yang cerdas dan bermutu.

Acara yang berlangsung selama satu hari itu berjalan dengan lancar, antusias, bahkan melebihi ekspektasi. Karena menurutnya, dari target 150 peserta yang hadir, dalam pelaksanannya kegiatan dihadiri sebanyak 210 peserta.

Para peserta berasal dari perwakilan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Kabupaten Cirebon, yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Wakil Ketua I Organisasi, Wakil Ketua II Kaderisasi, dan Departemen Kominfo.

Selain itu, kegiatan juga dihadiri banyak tokoh Cirebon, seperti Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) H Satori, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD-Provinsi) Provinsi Jawa Barat Yuningsih, Ketua Lembaga Ta’mir Wan-Nasyr PCNU Kabupaten Cirebon, Ahmad Rofahan,¬† Pengurus Pimpinan Pusat (PP) IPPNU Nurjannah, dan Pengurus Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU.

Pada kegiatan tersebut, para peserta diberi wawasan lebih dalam perihal Kepemimpinan, Keorganisasian, Pengkaderan, Jurnalistik, dan Ke-Korp Pelajar Putri-an.

Farida berharap, para peserta dapat mendorong kinerja roda organisasi IPPNU lebih progresif dan berkualitas, di masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK)-nya. Sehingga nantinya, mereka dapat memberikan pendidikan yang lebih baik di masyarakat, terutama di kalangan pelajar.

“Saya berharap para peserta dapat membuktikan kualitas dan mutunya ditengah-tengah masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Sehingga dapat menarik para pelajar untuk bergabung di IPPNU”, pungkasnya.

(Abdul Mu’izz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *