Menanti Aksi Alumni Lakmud Zona IV PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon

0

Sebanyak 38 anggota IPNU-IPPNU resmi menjadi kader IPNU-IPPNU, setelah mengikuti Latihan Kader Muda (Lakmud) Zona IV PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon. Mereka pun mendapat tugas dan tanggung jawab sebagai seorang kader.

Para peserta itu telah menyatakan siap melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan Rencana Wajib Lanjut (RWL), setelah melewati rangkaian agenda kaderisasi IPNU-IPPNU tahap kedua tersebut.

Secara teknis, RWL peserta ada tiga tahapan. Pertama, aktif di pimpinannya. Kedua, mengadakan kajian diskusi bersama. Ketiga, mengikuti Student Outlook PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon.

Lakmud Zona IV PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon berlangsung tiga hari, Jumat – Ahad (26-28/8/2022). Kegiatan bertempat di Kantor Desa Panongan Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Bagi mereka, tiga hari itu bukanlah waktu yang singkat. Sebab sebanyak empat belas materi wajib dan tambahan telah mereka simak selama kegiatan.

Dimulai dari Ke-NU-an II, Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah II, Ke-IPNU IPPNU-an II, Kebangsaan II, Kepemimpinan, Manajemen Organisasi dan Teknik Persidangan.

Ada juga materi Motivasi Pelajar dan Pemuda, Networking & Lobbying, Scientific Problem Solving, Manajemen Konflik, Public Speaking, Studi Gender hingga Kebijakan Publik. Selain itu, peserta juga melakukan Forum Grup Diskusi dan Uji Kompetensi.

Tentu saja, lelah fisik dan pikiran mereka rasakan. Namun, hal tersebut berhasil dilalui demi mendapat wawasan pengetahuan dan pengalaman secara maksimal.

Potret salah satu agenda Lakmud Zona IV PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon
Potret salah satu agenda Lakmud Zona IV PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf mengapresiasi peserta yang telah melewati kaderisasi IPNU-IPPNU tahap kedua ini. Dengan begitu, peserta telah resmi menjadi kader IPNU-IPPNU.

Yusuf mengatakan, keberhasilan seorang IPNU-IPPNU tidak sampai pada mengukuti Lakmud. Untuk itu banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan peserta. Utamanya, mengaktifkan IPNU-IPPNU di pimpinannya secara militan.

Peran peserta ini, kata Yusuf, sangat dibutuhkan guna kemajuan IPNU-IPPNU dipimpinannya. Sebab tanggung jawab organisasi tidak hanya di ketua, melainkan juga seluruh pengurus.

“Karena itu, Lakmud digelar sebagai bekal kalian menggerakkan IPNU-IPPNU di pimpinannya. Saya berharap peran kalian nanti dapat menghasilkan ouput dan outcam yang baik bagi pimpinannya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon Devi Farida berpesan, semangat peserta dalam ber-IPNU-IPPNU tidak hanya di Lakmud, melainkan juga di pimpinannya. Untuk itu ia berharap, materi yang didapatkan selama kegiatan dapat diimplementasikan.

“Sampaikan (red- pengalaman mengikuti Lakmud) juga kepada para anggota IPNU-IPPNU, supaya mereka termotivasi mengikuti kaderisasi tahap kedua ini,” pungkasnya.

*Muizz

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *