Rakorancab dan Rapimancab IPNU-IPPNU Astanajapura Kedepankan Musyawaroh

Pelajar NU Cirebon,

Astanajapura [PNC] – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon memilih mengedepankan musyawaroh mufakat dalam pemilihan Ketua PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Astajapura Masa Bakti 2020-2022 mendatang.

Upaya itu ditandai dengan terselenggaranya Rapat Kordinasi Anak Cabang (Rakorancab) dan Rapat Pimpinan Anak Cabang (Rapimancab), pada Sabtu, 24 Desember 2019. Kegiatan diikuti oleh perwakilan Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU se-Kecamatan Astanajapura.

“Besar harapan saya bahwa Konferancab nanti tentu lebih demokratis berdasarkan hasil mekanisme musyawaroh mufakat”, kata Ahmad Zahid Noval selaku ketua PAC IPNU Astanajapura.

Apalagi kata dia, sudah ada banyak PR dan PK IPNU dan IPPNU di Kecamatan Astanajapura yang sudah terbentuk. Sehingga musyawaroh dalam pemilihan ketua penting dikedepankan, sebagai upaya menampung aspirasi seluruh kader IPNU dan IPPNU se-Kecamatan Astanajapura.

“Sekarang ini di Kecamatan Astanajapura sudah ada 7 PR dan 13 PK yang sudah terbentuk”, ungkapnya.

Khoirunnisa selaku ketua PAC IPPNU Astanajapura mengungkapkan, sebelumnya pemilihan ketua secara aklamasi sudah sering dilakukan oleh PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Astanajapura.

Ditanya apakah aklamasi lebih baik ketimbang voting, Khoirunnisa tidak menjawab dengan tegas. Ia menyebutkan bahwa aklamasi juga bagian dari demokrasi.

Adapun perihal kriteria calon ketua PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Astanajapura, yaitu sebagai berikut :

1. Maksimal berusia 23 tahun
2. Minimal berpendidikan tingkat SLTA – sederajat
3. Aktif sebagai pengurus PAC IPNU / IPPNU Kecamatan Astanajapura atau PR IPNU / IPPNU dan PK IPNU / IPPNU.
4. Sudah mengikuti Makesta dibuktikan dengan sertifikat Makesta
5. Setelah terpilih jadi Ketua PAC, tidak boleh menjabat (mengundurkan diri) jadi ketua organisasi lain.

Selain membahas ketentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan kriteria calon ketua, Rakorancab dan Rapimancab juga membahas perihal kepemimpinan, organisasi, kaderisasi, administrasi dan lain-lain. Tujuannya, untuk saling bertukar pikiran antara masing-masing PR dan PK.

Rakorancab IPNU dilaksanakan di Sekretariat Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Astanajapura, Desa Kanci. Sedangkan Rapimancab IPPNU bertempat di Kediaman pengurus, Amilatus Sholihah, Desa Buntet.

Sementara Konferensi Anak Cabang (Konferancab) IPNU dan IPPNU akan dilaksanakan pada Jumat, 27 Desember 2019 mendatang, bertempat di Balai Desa Japurabakti.

Reporter : Abdul Mu’izz

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *