Pasca Lakmud, Para Kader Siap Lebih Inovatif dan Progresif Lagi

Pelajar NU Cirebon,

PABUARAN, [PNC] – Latihan Kader Muda (Lakmud) I Zona Pabuaran yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon telah usai, kemarin (3/11).

Meski telah usai, namun bukan berarti tugas dan tanggung jawab pengkaderannya telah selesai. PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon  akan terus berpaya memastikan para kadernya dapat aktif, inovatif, dan progresif  lagi dalam berorganisasi di IPNU-IPPNU.

Wakil Ketua II Bidang Kaderisasi PC IPNU Kabupaten Cirebon, Ahmad Yusuf Al-Maghriby mengatakan, Lakmud hanyalah pengkaderan formal yang bertujuan mewadahi dan membekali niat dan tekad anggota yang ingin berkembang lagi dalam berorganisasi. Setelah itu mempunyai tugas dan tanggung jawab atas maju dan mundurnya organisasi IPNU-IPPNU di dalam kepengurusannya masing-masing.

“Setelah resmi dikukuhkan, akan menjadi Muharrik di Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat (PK) di wilayahnya masing-masing”, katanya, kepada Pelajar Nu Cirebon, Senin malam (4/11).

Pantauan Pelajar NU Online, sebelum  dikukuhkan menjadi kader, para peserta terlebih dahulu berkumpul sesuai zonanya untuk merumuskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Pasca Lakmud. Setelah itu, mereka diberi tugas untuk mengejawentahkan hasil RTL-nya dalam kehidupan sehari-harinya.

“Saya harap RTL ini tidak hanya wacana, wacana dan wacana. Tetapi harus terus dikongkritkan pada organisasi dan individu sehari-hari”, harapnya.

Kordinator peserta, Iik Kholik Taba, merasa senang dapat mengikuti seluruh rangkai acara Lakmud. Iik sapaan akrabnya mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut, dirinya mendapat banyak wawasan keilmuan dan pandangan yang lebih luas lagi dalam memajukan IPNU dan IPPNU di sekolah dan kecamatannya.

“Kegiatan LAKMUD kemarin berjalan dengan ramai, antusias, dan sangat membantu saya dalam mengembangkan kapasitasnya”, ungkapnya.

Adapun terkait RTL Lakmud, Iik bertekad akan menguatkan hubungan emosional antar sesama terlebih dahulu. Setelah itu, Ia dan para peserta lainnya akan mengejawentahkan seluruh RTL yang telah direncanakan dan disepakati bersama.

“Chemistry antar peserta perlu dibangun agar RTL yang sudah direncanakan dapat dijalankan dengan baik”, pungkasnya.

Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon, Farida Apriyani merasa senang dan bangga atas terlaksananya kegiatan. Farida berharap para peserta dapat menjalankan RTL-nya dengan baik dan maksimal. Sehingga nantinya, eksistensi IPPNU dan IPNU Kabupaten terus mengalami kemajuan.

“Kalianlah harapan kami disini. Semoga kalian dapat mengikuti jejak kami. Yang baik diambil, yang buruk jangan ditiru”, ungkapnya.

Menambahkan Farida, Ketua IPNU Kabupaten Cirebon, Hamdan Tsani Tyo mengatakan, Lakmud kali merupakan terobosan baru PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon. Pasalnya, selain melibatkan pengurus PAC menjadi panitia, kegiatan juga melibatkan Instruktur-Pelatih dan CBP-KPP untuk mengawal jalannya acara.

“Alhamdulillah dalam kegiatan LAKMUD kemarin, seluruh panitia, baik dari pengurus PAC, Instruktruk, Pelatih, CBP, KPP maupun yang lainnya bisa bertugas dengan maksimal”, pungkasnya.

(Muizz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *