PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon Siapkan Instrumen Penggerak Kaderisasi

Sebanyak 34 peserta dari Kabupaten Cirebon, Majalengka hingga Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan mengikuti Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel) PC IPNU IPPNU Kabupaten Cirebon, Jumat-Ahad (5-8/11/2021), bertempat di Gedung KBNU Dukupuntang.

Ketua IPNU Kabupaten Cirebon, Ahmad Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (sdm) kader di bidang kaderisasi.

Yusuf menjelaskan, ada empat tahapan agar kaderisasi IPNU bisa berjalan dengan baik. Mulai dari perekrutan, pelatihan, pengembangan dan pendistribusian.

Proses tersebut, tidak akan tercapai dengan maksimal jika tidak ada sdm yang mampu mengawal proses kaderisasi dengan baik. Karena itu menurutnya, infrastruktur kaderisasi perlu disiapkan sebelum mengadakan kaderisasi formal.

“Jantung kaderisasi tidak lepas dari rekan-rekanita instruktur dan pelatih, ” ujarnya.

Suasana Acara Latin-Latpel PC IPNU Kabupaten Cirebon

Mengingat keberadaan intruktur dan pelatih sangat penting, Yusuf berharap kepada Departemen Kaderisasi untuk segera mengSK-kan instruktur dan pelatih secara khusus. Sehingga, nantinya instruktur dan pelatih memiliki tanggung jawab lebih dalam mengawal keaderisasi sampai selesai masa khidmat.

“Insya Allah PC IPNU Kabupaten Cirebon akan menggelar Lakmud di setiap titik. Bahkan di Minggu depan sudah ada agenda Lakmud terdekat yang dilaksanakan PAC Gebang. Saya berharap instruktur dan pelatih bisa mengawalnya” ungkapnya.

Yusuf juga menyampaikan, Latin dan Latpel menjadi bagian program prioritas PC IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon. Pasalnya konsep kegiatan tersebut dikemas dengan menarik dan efektif. Karena itu ia berharap, para peserta bisa mengikuti jalannya kegiatan dengan maksimal.

“Para peserta akan dilatih menjadi psikomotorik ulung dalam menciptkan ruang kaderisasi yang menarik dan memiliki out put dan out come yang jelas. Saya berharap, para peserta tidak menyia-nyiakan momentum ini” pungkasnya.

*Muiz

 

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *