Peringati HUT RI, CBP KPP Adakan Apel dan Penghijauan

Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke 76, DKC Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) IPPNU Kabupaten Cirebon menggelar apel kemerdekaan di Hutan Batu Tumpang, Pasaleman, Selasa (17/8).

Sebelum apel, para peserta yang berasal dari DKAC kecamatan sekitar, diharuskan berjalan menyelusuri hutan terlebih dahulu sejauh 5 kilometer untuk mencapai lokasi.

Di bawah terik matahari yang mulai menyengat. Para peserta tampak sangat antusias dan bersemangat. Sebagian peserta bahkan tampak menyanyikan mars CBP KPP sambil bertepuk tangan.

“Upaya ini agar anggota CBP KPP bisa mengenal kondisi alam sekitar dan mengingat perjuangan para founder pendiri bangsa yang bersusah payah dulu,” ujar Ihsanudin Munawir, Komandan DKC CBP Kabupaten Cirebon.

Ihsan, sapaan akrabnya, mengatakan, CBP KPP sebagai lembaga IPNU IPPNU memiliki salah satu tugas untuk melahirkan anggota yang nasionalis, peduli alam dan cinta pada korps. Oleh karena itu, momentum ini menjadi pengingat tujuan organisasi didirikan.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf, yang hadir menjadi pembina apel juga menjelaskan kilas balik para pelajar memiliki peran dalam ikut serta mempertahankan kemerdekaan dan negara.

“Sebelum kemerdekaan sudah ada geliat pelajar yang ikut serta berjuang melawan penjajah. Sementara tahun 1964 IPNU juga melahirkan CBP untuk ikut membela wilayah Kalimantan,” jelas Yusuf.

Sehingga, kata Yusuf, IPNU jelas memiliki komitmen terhadap negara dan kemerdekaan. Ia pun sangat bersyukur atas usia kemerdekaan bagi Indonesia hingga sekarang.

“Semoga di usia Indonesia saat ini, negara kita semakin membaik. Baik alamnya, manusianya serta kesejahteraan warganya,” harapnya.

Yusuf mengingatkan, peringatan kemerdekaan di masa pandemi ini, CBP dan KPP tetap harus melakukan perjuangan. Hanya saja, perjuangan saat ini adalah melawan pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan, menjadi insan yang peduli, melawan kebodohan dan kemalasan serta cinta terhadap alam.

“Kita tidak butuh dalil untuk mencintai negara kita maupun alam kita,” tegas Yusuf.

Ia pun mengajak, para anggota CBP KPP agar senantiasa komitmen terhadap tugas fungsinya sebagai wadah pelajar NU yang fokus pada ruang alam dan sosial.

Setelah apel, para peserta pun melanjutkannya dengan kegiatan simbolis penanaman. Ihsan menerangkan, pentingnya melakukan penghijauan. Pasalnya kondisi hutan telah banyak penggundulan dan penebangan.

“Semoga ikhtiar kecil ini bisa menjadi pemicu bagi setiap anggota CBP KPP di Kabupaten Cirebon agar memiliki semangat peduli terhadap alam,” pungkas Ihsan.

(Dwi/Sunnensy)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *