Assegaf: Literasi adalah Kehidupan

Pelajar NU Cirebon

[Palimanan] – Akhir-akhir ini literasi kerap dikampanyekan. Pasalnya, banyak organisasi ataupun komunitas menggelar kegiatan dengan tajuk literasi. Namun, apa sih makna Literasi sendiri?

Pegiat Sepeda Pustaka Literasi Pelajar Tegalgubug yang juga kader IPPNU Kabupaten Cirebon Muhammad Assegaf, tak ketinggalan memaparkan makna literasi. Menurutnya, literasi adalah hidup. Sebab hidup sejatinya tengah berliterasi.

Literasi sendiri, katanya, didapat melalui melalui membaca, menulis hingga berkomunikasi. Karena itu, mengkampanyekan pentingnya membaca buku terhadap masyarakat merupakan bagian dari berliterasi.

Pengembangan kreatifitas juga salah satu contoh berliterasi. Misalnya dengan menggambar, mewarnai, bernyanyi, mengenalkan permainan tradisional, menghafal pancasila, membaca puisi, menulis puisi dan lain sebagainya.

“Budaya ini harus terus dilestarikan. Tujuannya terus memberika suatu interaksi kepada masyarakat bagaimana pentingnya membaca buku, menulis dan mengembangkan kreatifitaa,” pungkasnya, saat mengisi Diskusi IPNU-IPPNU Palimanan yang bertema Menanamkan Budaya Literasi untuk Diri dan Organisasi, Jumat (18/6/21).

(Syauqi)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *