Siapkan Regenerasi, IPNU-IPPNU MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin Adakan Makesta

Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU Madrasah Aliyah Nahdlatul Ualama (MA NU) Assalafie Babakan Ciwaringin menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Kamis-Jumat (24-25/2020).

Bertemakan “Mengembangkan Kader Ahlussunnah Wal Jama’ah yang Berintegritas”, kegiatan diikuti 57 peserta. Peserta kegiatan ini didominasi oleh kelas 11 MA. Mereka merupakan angkatan ke-5 anggota IPNU-IPPNU MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin.

Pembina PK IPNU-IPPNU MANU Assalafie Babakan Ciwaringin Ust Niam Al Muzzaki mengatakan, pengurus dan anggota PK IPNU-IPPNU MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin belum mendapat izin untuk mengikuti acara di luar pesantren. Alasannya ada kekhawatiran dari para wali murid, jika anaknya aktif di luar Ponpes namun tidak aktif di Ponpesnya.

Meski demikian, Ust Zaki menyambut baik bagi siapapun yang ingin mengadakan kegiatan IPNU-IPPNU di MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin.

Karena itu Ust Zaki menjelaskan, pelaksanaan makesta ini dalam rangka meregenerasi anggota PK IPNU-IPPNU MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin.  “Para peserta ini diproyeksikan untuk menjadi pengurus  di masa mendatang. ” katanya.

Adapun materi yang disampaikan dalam acara, yakni Ke-Ahlussunnah Wal Jama’ah-an, Ke-NU-an, Ke-Organisasi-an, Ke-IPNU-IPPNU-an hingga Analisis Diri . Ust Zaki berharap, Makesta ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang luas bagi para peserta.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Kaderisasi PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf Al-Maghriby mengatakan, Makesta merupakan proses pengkaderan orgnaisasi IPNU-IPPNU tahap awal. Artinya,  para pelajar tengah bertransformasi dari kultural menuju struktural. Dari non organisasi menuju terorganisasi.

Yusuf juga mengungkapkan, terbentuknya IPNU-IPPNU di Ponpes dapat melengkapi kekuatan Ponpes sendiri. Terutama dalam hal keorganisasian. Sebab menurutnya, IPNU-IPPNU dapat turut serta mendukung kegiatan-kegiatan pesentren

“Karena itu, saya berpesan kepada para peserta untuk tetap aktif belajar di pesantren, sambal mengikuti kegiatan yang diselenggarakan PK IPNU-IPPNYU MA NU Assalafie Babakan Ciwaringin”, pungkasnya.

(Muizz)

 

 

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *