Lakmud Cirebon, Kiai Aziz: IPNU-IPPNU Sekarang adalah NU ke Depan

Pelajar NU Cirebon,

Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) Zona Barat, Sabtu – Senin (11-13/12/20), bertempat di desa Wargabinangun, Kecamatan Kaliwedi. Kegiatan diikuti sebanyak 74 peserta sambil menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pembukaan acara, hadir Ketua Tanfizyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Sayerozi dan Katua Tanfidziyah MWC NU Kaliwedi KH Diding Muhyidin.

Kiai Aziz mengatakan, masa depan NU berada di tangan kader IPNU dan IPPNU. karenanya, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta. Terutama tentang pengetahuan ke-NU-an dan karakter.

“Nasib kedepan NU tergantung pada kalian yang mengikuti jenjang Lakmud ini,”, ungkapnya.

Senada dengan Kiai Aziz, Kiai Diding berharap agar para keder IPNU dapat berkiprah di desanya masing-masing. Kiai Didin sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkan NU di Kecamatannya.

“Semoga rekan dan rekanita bisa terus berkhidmah di NU sampai jadi pengurus NU,” harapnya.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Hamdan Tsani Tyo mengatakan, kegiatan Lakmud bertujuan untuk mencetak para kader pemimpin dan berkarakter. Mereka nantinya akan bertanggung jawab atas jalannya roda IPNU dan IPPNU di daerahnya masing-masing.

Hamdan menjelaskan, dalam organisasi IPNU dan IPPNU mengenal istilah Trilogi atau tiga dasar yang harus dipegang seorang kader dalam melakukan aktivitasnya. Ketiga tersebut yakni belajar, berjuang dan bertakwa.

Namun untuk menjadi kader IPNU dan IPPNU, mereka diwajibkan untuk malaksanakan kaderisasi formal terlebih dahulu. Mulai dari Masa Kesetiaan angota (Makesta), Lakmud, Latihan Kader Utama (Lakut).

“Di Lakmud ini para peserta sedang dikader. Usai dari acara ini mereka memilki tugas untuk mengkader. Adapun hasilnya dapat dilihat setelah selama enam bulan mengkader ,” kata Hamdan.

 

Pewarta: Fajar dan Assegaf

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *