IPNU-IPPNU: Peringatan HSN PCNU Kabupaten Cirebon Momentum Mencontoh Ki Bagus Rangin

Tradisi Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) digelar di seantero Indonesia. PCNU Kabupaten Cirebon siap meramaikan HSN tahun 2020. Hal itu ditandai dengan telah disiapkannya berbagai kegiatan yang digerakkan Badan Otonom (Banom) dan Lembaga NU Kabupeten Cirebon, diantaranya IPNU dan IPPNU.

Peringatan HSN PCNU Kabupaten Cirebon kali ini mengangkat kisah perjuangan Ki Bagus Rangin. Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon, Farida Priyani mengatakan Ki Bagus Rangin merupakan sosok pahlawan nasional, yang memimpin perang Kedongdong di Cirebon. perang ini terjadi sebelum perang Diponegoro meletus.

Dua hal dari misi Ki Bagus Rangin. Pertama adalah mengajak rakyat untuk mencintai tanah kelahiran, dan kedua ialah berani menegakan keadilan.

Dua misi itu diperlihatkan dengan perjuangan Ki Bagus Rangin bersama rakyat lainnya melawan kediktatoran pemerintah kolonial Belanda, dan penguasa lokal Keresidenan Cirebon.

“Ki Bagus Rangin merupakan rakyat biasa. Tapi berjiwa kesatria. Ia memiliki semangat berdakwah kebangkitan ”, katanya.

Itu sebabnya Farida mengajak seluruh kader untuk melanjutkan misi Ki Bagus Rangin. Para kader perlu memahami sejarah bangsanya, dan srategi dakwah sesuai dengan situasi perkembangan yang tengah terjadi.

PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon pun berusaha mengembangkan pengetahuan sejarah dan strategi dakwah masa kini. Pelatihan Live Streaming, seminar sejarah, dan To Organizing, Upgrading and Refreshing Pantura PAC-PAC di Jalur Pantura Cirebon adalah diantara wujudnya.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon, Hamdan Tsani Tyo melaporkan Pelatihan Live Streaming dijadwalkan pada Sabtu (27/10/2020), bertempat di Gedung Sekretariat Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini bekerjasama dengan LTN NU Kabupaten Cirebon. Kegaiatan akan diikuti oleh kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Cirebon.

Sedangkan seminar sejarah akan dilaksanakan pada Senin (19/10/20) mendatang, membahas Hari Santri dan Perang Santri ‘Mengenang Kepahlawanan Ki Bagus Rangin’. Dua pemantik yang diundang dalam seminar ini adalah Dr. Eva Nur Arofah, M.Hum dan Abdul Muiz Syaerozie, s.Th.I M.H.I. Kegiatan ini bertempat di Gedung PCNU Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, acara Upgrading and Refreshing Pantura PAC-PAC di Jalur Pantura Cirebon dijadwalkan pada 17-28 Oktober 2020.

(Abdul Mu’izz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *