Rakoorcab IPNU Kabupaten Cirebon, Satukan Pandangan, Sinergikan Gerakan

Pelajar NU Cirebon

[PNC] – Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Cirebon menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab), pada Minggu (5/1/2020), di Pendopo Bupati Cirebon, Jl Kartini, Kejaksan, Kota Cirebon. Kegiatan diikuti ratusan kader IPNU, yang berasal dari utusan masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat (PK) di seluruh Kabupaten Cirebon.

Pada Rakoorcab tersebut membahas antara lain : Penguatan Organisasi dan Kaderisasi PAC / PK se-Kabupaten Cirebon, Sosialisasi Pedoman Administrasi, Sosialisasi Sistem Informasi dan Kaderisasi (Sikad), Diskursus Prinsip Perjuangan IPNU dan Garis-Garis Besar Perjuangan dan Pengembangan (GBPP) IPNU.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon, Hamdan Tsani Tyo mengatakan, kegiatan dimaksudkan sebagai wadah evaluasi dan menampung aspirasi para kader IPNU Kabupaten Cirebon. Aspirasi tersebut, nantinya menjadi sebuah keputusan baru untuk kemajuan IPNU di Kabupaten Cirebon.

“Keputusan Rakorcab, nantinya menjadi pijakan PC IPNU Kabupaten Cirebon baru untuk mengisi kinerja-kinerja yang selama ini belum dilaksanakan”, ungkapnya.

Meskipun demikian, Hamdan mengatakan, rekomendasi dari hasil Rakoorcab tersebut tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh kader IPNU Kabupaten Cirebon di setiap kepengurusan.

“Hasil Rakorcab ini tidak mungkin sepenuhnya dilaksanakan oleh PC. Maka dari itu, mari kita bersama-sama membangun IPNU Kabupaten Cirebon lebih progresif dan berkualitas lagi”, harapnya.

Hamdan menegaskan bahwa, fokus utama gerakan IPNU Kabupaten Cirebon saat ini yaitu, perihal membangun kualitas anggota dan kader. Sebab di Cirebon, jumlah kuantitas anggota dan kader IPNU terhitung sangat banyak.

“Sampai saat ini sudah terbentuk 39 PAC dan 122 PK. Maka tugas kami kedepan, bagaimana memastikan anggota dan kader IPNU mempunyai semangat tinggi dalam meningkatkan kualitasnya”, ujarnya.

KH Aziz Hakim Syaerozi selaku Ketua PCNU Kabupaten Cirebon merasa bangga dan mengapresiasi semangat para pelajar NU dalam Ber-IPNU.

Kiai Aziz mengungkapkan, memasuki tahun 2020, organisasi NU sudah kian sempurna. Pasalnya, NU telah memiliki perangkat dalam menjaga dan mengembangkan ajaran Ahlussunnah Wal-Jamaah kepada masyarakat, di berbagai sektor.

“Misalnya, saat masih berusia anak-anak, mereka didik dengan ikhlas dan telaten oleh kiai dan guru NU. Memasuki masa SMA, mereka mulai belajar dewasa dengan mengorganisasikan diri di IPNU-IPPNU”, ungkapnya.

Kiai Aziz berharap, para kader IPNU dapat senantiasa berpegang teguh dan berkomitmen dalam mempertahankan Aswaja dan mengembangkan NU. “Sehingga apa yang diyakini para kader IPNU, mendapatkan barokah dan menjadi khusnul khotmah”, pungkasnya

Pada kesempatan acara tersebut, tampak hadir Bupati Cirebon sekaligus Dewan Pelindung PC IPNU Kabupaten Cirebon, H Imron Rosyadi, Pembina IPNU Mohammad Mu’min, Ketua I Organisasi IPNU Hasan Malawi dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Daerah Cirebon, Gunawan.

Reporter : Assegaf
Editor : Mu’izz

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *