PCNU Cirebon dan Kesbangpol Ingatkan Pelajar Menjaga Keutuhan NKRI

Pelajar NU Cirebon,

Dalam Diskusi Kebangsaan bertajuk peran ormas Islam dalam menjaga keutuhan NKRI, R. Moh. Al-Bana Wakil Ketua Tanfidziyyah PCNU Kabupaten Cirebon mengingatkan bahwa tantangan saat ini adalah mempertahankan NKRI secara seutuhnya.

“Harus kita sadari bahwa tatantangan bagi kita adalah untuk mempertahankan NKRI secara seutuhnya. Yang dilakukan saat ini adalah jangan mudah percaya pada hasutan pemikiran yang radikal sehingga terjadi gerakan yang merugikan kita sebagai bangsa Indonesia yang rukun,” ungkapnya saat menyampaikan materi di Caffe Moza Sumber, Kamis (29/08)

Ia juga berharap semua elemen untuk belajar ilmu agama islam dengan kiyai dan guru yang sanadnya sampai kepada Nabi Muhammad Saw. Kita harus saling menjaga prinsip-prinsip perbedaan dan  harus tetap Bhineka Tunggal Ika.

“NU akan terus berperan agar bangsa ini terus bersatu, peran NU sudah jelas dalam AD-ART NU. Tujuan kita adalah untuk terhujutnya kesejahteran bagi masyarakat Indonesia seperti yang harapakan para leluhur bangsa kita,” terangnya.

Sementara, Ayat Hartati Kasubid Kewaspadaan Dini Kesbangpol memberikan pemahaman bahwa setiap ormas Islam harus mengikuti aturan menurut Undang-undang, dimana berkewajiban mengikuti asas Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kesbangpol mengatakan sudah melakukan pembinaan dalam bentuk pengawasan yang di lakukan terhadap ormas, ketika ada pelanggaran akan kami panggil untuk mempresentasikan persoalan tersebut. Semua ormas wajib menjaga NKRI, jika ada ormas yang belum terdaftar  ya harus diselesaikan terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara soal FPI Kesbangpol Cirebon  tidak bisa melarang dan memutuskan, akan tetapi kami mengikuti aturan yang ada di kemenkumham. (Assegaf/Muiz)

Share on :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *